Mengenal Business to Customer dan Karakteristiknya Bagi BIsnis Anda
Mengenal Business to Customer dan Karakteristiknya Bagi BIsnis Anda

Mengenal Business to Customer dan Karakteristiknya Bagi BIsnis Anda

- +

Apa itu B2C dan mengapa banyak perusahaan menggunakannya? Istilah B2C adalah akronim dari Business to Customer. B2C ini adalah model penjualan yang sangat populer. Saat ini, perusahaan sudah banyak yang menggunakan model bisnis tersebut.

Business to customer ini juga sebagai model retail di mana produk berpindah langsung dari bisnis ke end user yang membeli produk atau jasa untuk penggunaan pribadi. Jadi, tidak ada perantara antara perusahaan dengan pelanggan.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola seluruh outlet retail dalam satu platform, Anda dapat menggunakan Software Retail dari HashMicro. Ketahui juga besaran harga yang harus Anda siapkan untuk mendapatkan software tersebut, unduh skema perhitungan harga agar Anda mendapat gambarannya secara mendetail. Berikut ini adalah pengertian, karakteristik serta penjelasan lebih lengkap mengenai Business to Customer yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Business to Customer

Pengertian Business to Customer

Business to Customer (B2C) adalah model bisnis dimana transaksi bisnis atau kegiatan jual beli yang terjadi secara langsung baik perusahaan penyedia barang atau jasa hingga ke konsumen akhir. Pada umumnya, perusahaan business to customer menyediakan barang atau jasanya untuk keperluan pribadi konsumen.

Konsep dari model bisnis ini juga dapat mudah Anda jumpai di pusat perbelanjaan seperti mall, pasar, hingga restoran. Pada era modern seperti ini, B2C ini tidak hanya bekerja secara tradisional. Banyak perusahaan yang menggunakan model bisnisnya secara online.

Contohnya dapat Anda temukan melalui e-commerce seperti shopee, tokopedia, dan lain-lain. Model bisnis ini tidak hanya perusahaan besar saja, e-commerce juga memberikan kesempatan bagi UMKM untuk terlibat dalam model bisnis ini. Model bisnis yang dilakukan melalui e-commerce ini adalah salah satu pilihan yang tepat dalam menjangkau konsumen dengan lebih efektif.

Karakteristik Model Bisnis B2C

Karakteristik Model Bisnis B2C

Setelah mengetahui mengenai pengertian business to customer, hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah karakteristik dari business to customer. Karakteristik disini dapat membantu Anda dalam mengelola model bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa karakteristik penting yang dapat perusahaan Anda perhatikan dalam menerapkan model bisnis ini.

Tantangan Business to Customer

Tantangan Business to Customer

Pada umumnya, model bisnis business to customer ini memiliki tantangannya tersendiri. Fokus dari business to customer adalah pelanggan. Tantangan terbesar dari model bisnis ini yaitu perusahaan harus mempertahankan stabilitas penjualan. Perusahaan yang menerapkan model penjualan ini tentu saja sangat bergantung pada pelanggan.

Tanpa pelanggan, usaha tidak akan berjalan dengan lancar, Anda tidak bisa mengembangkan bisnis, dan masih banyak lagi masalah yang akan datang. Tantangan dari business to customer ini juga harus menjaga alur penjualan agar tetap stabil.

Cara untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan menetapkan target pelanggan yang tepat agar dapat menjaga kestabilan alur penjualan. Dalam hal ini Anda juga bisa membangun brand loyalty, agar pelanggan Anda tetap setia pada brand Anda.

Tantangan lainnya dari business to customer adalah kompetitor. Karena model bisnis ini populer, sudah pasti banyak kompetitor di pasar yang sama. Pada praktiknya, dapat dilihat bahwa ada banyak merek dan jenis dari satu produk di pasar.

Misalnya, minuman bersoda. Ada berapa banyak merek minuman bersoda yang Anda tahu? Maka dari itu, untuk mengakalinya Anda bisa menentukan diferensiasi produk yang tepat. Business to customer adalah model penjualan yang dilakukan secara langsung dari perusahaan ke pelanggan. Siapa pun bisa menjalankan model B2C, termasuk para pelaku bisnis kecil dan menengah.

Penerapan B2C kini tidak lagi berlangsung secara tradisional saja. Sekarang, perusahaan dan UMKM menjangkau konsumennya dengan cara membuka toko online. Penjualan B2C saat ini bisa dilakukan UMKM melalui marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan sebagainya.

Cari Dan Temukan Komponen Elektronik Molex Untuk Industri Dan Pabrikasi, Bahkan Komponen Elektronik Molex Yang Usang Ataupun Yang Sulit Ditemukan.

Diperbarui
Tambahkan Komentar
Mengenal Business to Customer dan Karakteristiknya Bagi BIsnis Anda

Mengenal Business to Customer dan Karakteristiknya Bagi BIsnis Anda