Mengenal Research Gap untuk Kepentingan Riset Bisnis
Mengenal Research Gap untuk Kepentingan Riset Bisnis

Mengenal Research Gap untuk Kepentingan Riset Bisnis

- +

Istilah research gap atau kesenjangan penelitian mungkin bukan lagi sebuah ungkapan yang asing bagi sebagian besar orang, terutama bagi para pegiat riset. Seperti yang banyak orang sudah ketahui, kepentingan riset tidak hanya berlaku bagi akademisi, namun juga penting dalam berbagai bidang.

Kemudian, dalam menjalankan riset untuk kepentingan bisnis, Anda akan menemukan istilah atau keadaan yang disebut dengan research gap.

Unduh skema perhitungan harga untuk mengetahui harga dan untuk mengetahui lebih lanjut dan macam-macamnya, serta cara menemukan dan apa hubungannya dengan bisnis, mari simak artikel berikut.

Apa itu Research Gap

Apa itu Research Gap

Secara umum, research gap adalah topik atau area di mana informasi yang hilang atau tidak memadai membatasi kemampuan pengulas untuk mencapai kesimpulan untuk pertanyaan yang diberikan atau suatu keadaan ketika terjadi inkonsistensi antara hasil penelitian dengan data pendukung.

Riset gap adalah sebuah informasi yang hilang dan membuat pengulas tidak mampu mencapai kesimpulan dari pertanyaan yang ada. Hal itu membuat proses bisnis akan sangat terpengaruh dan profit yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Dalam mencari dan menemukan solusi untuk mengatasi research gap, Anda perlu mengidentifikasi kesenjangan apa yang Anda temukan dalam prose menjalankan bisnis Anda. Terdapat beberapa jenis atau contoh research gap yang mungkin Anda temukan selama proses bisnis, simak penjelasan berikut ini.

Theoretical gap

Pertama, ada theoretical gap. Sesuai namanya, theoretical gap adalah kesenjangan dalam penelitian yang berhubungan dengan teori dalam sutu riset. Ada kemungkinan bahwa riset menggunakan teori yang memiliki kekurangan atau kelemahan sehingga menyebabkan adanya gap ketika Anda terapkan dalam bisnis Anda. Atau, ada pula kemungkinan bahwa hasil penelitian yang Anda peroleh merupakan kasus baru sehingga belum dapat teori apapun jelaskan.

Empirical gap

Selanjutnya, empirical gap adalah jenis gap pada fenomena empiris pada hasil penelitian. Gap ini akan terlihat dari adanya ketidakcocokan atau inkonsistensi antara hasil penelitian dengan data faktual yang ada. Anda perlu mengulas kembali hasil penelitian dan memastikan bahwa teori yang digunakan sudah sesuai jika Anda menemukan empirical gap pada riset bisnis Anda.

Population gap

Terakhir, terdapat population gap yang bergantung pada range populasi saat proses pengambilan data penelitian. Hal-hal seperti penentuan target pasar sangat membutuhkan adanya population gap pada riset terdahulu.

Anda sebagai pegiat bisnis harus menemukan siapa yang akan menjadi pasar bagi produk yang Anda ciptakan. Apakah produk tersebut ditujukan kepada kelompok pasar dengan range umur atau komunitas tertentu.

Setelah memahami apa itu research gap dan mengapa itu menjadi penting bagi suatu bisnis atau perusahaan, Anda dapat mengaplikasikannya dalam riset pasar yang akan Anda lakukan sebelum mengambil keputusan-keputusan bisnis selanjutnya di masa yang akan datang.

Cari Dan Temukan Komponen Elektronik Infineon Technologies Untuk Industri Dan Pabrikasi, Bahkan Komponen Elektronik Infineon Technologies Yang Usang Ataupun Yang Sulit Ditemukan.

Diperbarui
Tambahkan Komentar
Mengenal Research Gap untuk Kepentingan Riset Bisnis

Mengenal Research Gap untuk Kepentingan Riset Bisnis