Jenis ragam elemen Elektronika
Jenis ragam elemen Elektronika

Jenis ragam elemen Elektronika

- +

Elemen elektronika merupakan bagian terkecil dalam sebuah susunan elektronika. Dalam rangkaian elektronika pada rata-rata terdiri dari elemen aktif serta unsur melempem.

Tiap-tiap unsur elektronika terbuat dengan poin serta peranan yang berlainan berasas produsen penyelenggara unsur elektronika itu. tiap-tiap unsur elektronika mempunyai jenis, poin serta tanda yang berbeda-beda.

Jenis serta poin yang melekap pada sesuatu unsur elektronika memberikan maksud guna serta pabrikan penyelenggaranya. sebaliknya kiasan unsur elektronika didetetapkan berasas tipe serta gunanya tanpa memisahkan pabrik pembuat unsur elektronika itu.

Elemen Pasif

Elemen pasif yakni unsur elektronika yang dalam pengoperasiannya tidak memerlukan akar tekanan alias akar arus tertentu. elemen melempem pada rata-rata dibubuhkan selaku pembatas arus, pembagi tekanan, tank circuit serta penyaring melempem. Berikut yakni keterangan serta fungsi sebagai umum dari komponen pasif tersebut :

1. Resistor

Resistor

Resistor atau dituturkan pula dengan gangguan yakni elemen Elektronika adem ayem yang beroperasi buat menghambat serta mengontrol arus listrik dalam sesuatu untaian Elektronika. Satuan harga Resistor alias Hambatan adalah Ohm (Ω).

Fungsi resistor adalah selaku selanjutnya :

  • Sebagai pembagi arus
  • Sebagai penurun tegangan
  • Sebagai pembagi tegangan
  • Sebagai penghambat arus arus listrik,dan lain-lain

2. Kapasitor

Kapasitor

Kapasitor alias dituturkan pula dengan Kondensator yakni elemen Elektronika adem ayem yang bisa menyisihkan daya alias beban listrik dalam sedangkan durasi. ukuran poin buat Kapasitor (Kondensator) yakni Farad (F). Fungsi Kapasitor yakni selaku selanjutnya :

  • Selaku penyimpan arus alias tekanan listrik
  • Memilih gelombang radio pada rangkaian Tuner
  • Penyaring di dalam rantaian Power Supply (bagian energi)

Non Polar yakni Kapasitor yang poinnya senantiasa serta tidak ber-dikotomi. bila didasarkan pada materi pembuatannya alkisah Kapasitor yang poinnya senantiasa terdiri dari Kapasitor Kertas, Kapasitor Mika, Kapasitor Polyster serta Kapasitor Keramik.

Kapasitor Keramik (Ceramic Capasitor) : Kapasitor yang Isolatornya dihasilkan dari Keramik serta berwujud bundar kecil maupun persegi 4. Kapasitor Keramik tidak mempunyai arah alias dikotomi, jadi bisa dipasang bolak-balik dalam untaian Elektronika. Pada rata-rata, harga Kapasitor Keramik berkisar antara 1pf dekati 0.01µF.

Kapasitor Polyester (Polyester Capacitor) : Kapasitor Polyester yakni kapasitor yang isolatornya dihasilkan dari Polyester dengan wujud persegi 4. Kapasitor Polyester bisa dipasang berlawanan dalam untaian Elektronika (tidak mempunyai dikotomi arah)

Kapasitor Kertas (Paper Capacitor) : Kapasitor Kertas yakni kapasitor yang isolatornya dihasilkan dari Kertas serta pada rata-rata poin kapasitor kertas berkisar diantara 300pf dekati 4µF. Kapasitor Kertas tidak mempunyai dikotomi arah alias bisa dipasang bolak balik dalam rantaian Elektronika.

Kapasitor Mika (Mica Capacitor) :

Kapasitor Mika adalah kapasitor yang materi Isolatornya terbuat dari bahan Mika. harga Kapasitor Mika pada rata-rata berkisar antara 50pF dekati 0.02µF. Kapasitor Mika pula bisa dipasang bolak balik gara-gara tidak mempunyai polaritas arah.

Polar yakniKapasitor yang nilainya senantiasa tapi mempunyai dualitas Positif serta minus, Kapasitor itu yakni Kapasitor Elektrolit alias Electrolyte Condensator (ELCO) serta Kapasitor Tantalum.

Kapasitor Elektrolit (Electrolyte Capacitor) : Kapasitor Elektrolit yakni kapasitor yang materi Isolatornya dihasilkan dari Elektrolit (Electrolyte) serta berwujud botol / Silinder.

Kapasitor Elektrolit alias disingkat dengan ELCO ini selalu dikenakan pada rantaian Elektronika yang membutuhkan Kapasintasi (Capacitance) yang mulia. Pada rata-rata nilai Kapasitor Elektrolit berkisar dari 0.47µF sampai ribuan microfarad (µF).

Kapasitor Tantalum : Kapasitor Tantalum pula mempunyai dualitas arah Positif (+) serta minus (-) serupa perihalnya Kapasitor Elektrolit serta materi Isolatornya pula bermula dari Elektrolit. diucap dengan Kapasitor Tantalum gara-gara Kapasitor tipe ini menggunakan materi metal Tantalum selaku Anosertaya (+). Kapasitor Variable yakni Kapasitor yang nilainya bisa diatur, Kapasitor tipe ini selalu dituturkan dengan Variable Capasitor.

Varco yakniVARCO (Variable Condensator) yang dihasilkan dari metal dengan dimensi yang lebih besar serta pada rata-rata dibubuhkan buat memilah Gelombang saluran pada rantaian Radio (digabungkan dengan Spul Antena serta Spul Osilator). harga Kapasitansi VARCO berkisar antara 100pF dekati 500pF.

Trimmer yakni Kapasitor fleksibel yang mempunyai wujud lebih kecil akibatnya membutuhkan perlengkapan serupa Obeng buat bisa memutar Poros pengaturnya. Trimmer terdiri dari 2 pelat metal yang dipisahkan oleh selembar Mika dan pula ada serupa Screw yang mengontrol jarak kedua pelat metal itu akibatnya nilai kapasitansinya jadi beralih. Trimmer dalam rantaian Elektronika beroperasi buat menyamakan penyortiran gelombang saluran (Fine Tune). harga Kapasitansi Trimmer cukup optimal dekati 100pF.

3. Induktor

Induktor

Komponen Elektronika Pasif yang beroperasi selaku Pengatur saluran, Filter dan pula selaku perlengkapan kopel (Penyambung). Induktor alias Coil banyak dijumpai pada perlengkapan alias rantaian Elektronika yang berpautan dengan saluran serupa Tuner buat pesawat Radio. ukuran Induktansi buat Induktor yakni Henry (H).

harga Induktansi serupa Induktor (Coil) terpaut pada 4 sebab, antara lain yakni :

  • Jumlah Lilitan, kian banyak lilitannya kian mulia Induktasinya
  • Diameter Induktor, kian besar diameternya kian mulia pula induktansinya
  • Permeabilitas Inti, ialah materi Inti yang dibubuhkan serupa atmosfer, Besi maupun Ferit
  • Ukuran berjarak Induktor, kian pendek Induktor (Coil) itu kian mulia induktansinya

Fungsi dari induktor adalah selaku selanjutnya :

  • Pengatur frekuensi
  • Pelipat tegangan
  • Sebagai kopel (penyambung)

Macam – ragam Induktor antara lain adalah :

  • Induktor yang nilainya tetap
  • Induktor yang nilainya bisa diatur alias selalu dituturkan dengan Coil Variable

Cari Dan Temukan Komponen Elektronik IGBTs Untuk Industri Dan Pabrikasi, Bahkan IGBTs Yang Usang Ataupun IGBTs Yang Sulit Ditemukan.

Diperbarui
Tambahkan Komentar
Jenis ragam elemen Elektronika

Jenis ragam elemen Elektronika