Dalam keseharian, Anda mungkin menemukan beberapa permasalahan yang berhubungan dengan teknis. Misalnya saat Anda menjadi sosok yang kerap menolong keluarga atau teman dalam menangani berbagai permasalahan teknis atau teknologi mereka, dari instalasi software pada laptop atau membetulkan masalah koneksi internet di rumah.
Pada era teknologi seperti sekarang, memiliki keterampilan dalam bidang ini tentunya dapat membantu banyak orang dan tentunya jasa ini pun sangat diperlukan. Namun jika Anda ingin memiliki rate card dan mendapat bayaran dalam melakukannya, langkah pertama bagi orang-orang yang berada di posisi seperti Anda adalah menggeluti pekerjaan yang berkaitan dengan teknis dan teknologi di bidang IT.
Salah satu bukti dari keterkaitan pekerjaan di bidang IT dan perkembangan teknologi adalah Software ERP dari HashMicro dengan fitur-fitur terlengkap di Indonesia membuat segala operasional perusahaan Anda menjadi lebih mudah dan efektif. Oleh karena itu, apakah Anda tertarik dengan posisi sebagai IT support? Pahami tugas, kemampuan, dan skill yang harus Anda miliki sebagai seorang yang bekerja pada bidang ini.
Apa Pengertian dari IT Support
Sebagian besar perusahaan rata-rata menggunakan teknologi dalam bisnis mereka. IT support merupakan seorang teknisi yang memiliki peran serta tanggung jawab dalam mengevaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek teknologi perusahaan yaitu software, komputer, dan network system.
Profesi ini tentunya memiliki banyak tuntutan, yaitu mengharuskan pengemban memiliki keahlian lebih atau multi keahlian. Misalnya, memiliki pengetahuan dalam memperbaiki perangkat komputer yang rusak, melakukan instalasi ke komputer yang digunakan karyawan untuk bekerja, mengatur email, mengatur mesin perangkat sidik jari, dan lainnya.
Tuntutan keahlian yang beragam membuat tugas seorang IT support cukup kompleks dan beragam. IT support juga dituntut untuk lebih berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi terkini. Berkat dukungan para IT assistance yang serba bisa ini, perusahaan juga dapat memiliki sistem yang mumpuni sehingga tidak ragu untuk memberikan dan membayar gaji dengan nominal yang tinggi.
Apa Perbedaan IT Support dan Programmer
Banyak orang sering kali salah mendefinisikan tugas dan kemampuan dari seorang IT support. Mereka mengira bahwa IT support serupa dengan programmer karena sama-sama berkutat dalam komputer. Padahal, keduanya memiliki peran yang sangat berbeda. Programmer adalah orang yang mampu menyelesaikan masalah dan menciptakan produk menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML. Java, PHP, dan lain-lain.
Kemampuan programmer biasanya terdapat dalam beberapa level, seperti junior programmer dan senior programmer. Sementara itu, IT assistance bertanggung jawab untuk memelihara atau memelihara teknologi perangkat lunak dan perangkat keras dari pengguna.
Jika user dalam perusahaan mengalami keluhan dalam menggunakan komputer atau laptop, tentu saja yang mereka akan cari pertama kali adalah teknisi bukan programmer. Dapat kita simpulkan bahwa programmer lebih berfokus kepada perancangan suatu produk. Sedangkan IT support atau teknisi lebih berfokus kepada mengatasi keluhan user.
Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai IT support. Melihat dari pengertian serta poin-poin kemampuan yang harus dimiliki seorang teknisi IT tadi dapat kita simpulkan bahwa tidak hanya kemampuan teknis seperti kemampuan pemeliharaan perangkat keras, namun Anda perlu mengasah soft skill Anda karena pekerjaan bidang ini menuntut untuk berhadapan langsung dengan berbagai orang yang mempunyai keluhan tentang teknologi di perusahaan, apalagi perusahaan yang menjual perangkat lunak seperti Sistem ERP. Singkatnya, tugas IT support ialah untuk mengevaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek teknologi perusahaan yaitu software, komputer, dan network system.
Cari Dan Temukan Komponen Elektronik Cynergy3 Untuk Industri Dan Pabrikasi, Bahkan Komponen Elektronik Cynergy3 Yang Usang Ataupun Yang Sulit Ditemukan.